myakbar :: sebuah catatan kecil

The Memory of the Netherlands

leave a comment »

Bagi rekan-rekan yang senang melihat foto-foto Indonesia zaman dulu, saya menyarankan untuk mengunjungi situs the Memory of the Netherlands. Kenapa ?

Karena menurut saya, situs yang satu ini luar biasa sekali. Betapa tidak, terdapat ratusan ribu objek (illustrations, photographs, texts, film and audio fragments) yang telah diklasifikasikan ke dalam lebih dari 50 koleksi yang disediakan oleh situs ini.

Situs ini bagaikan harta karun dari berbagai koleksi digital yang menggambarkan sejarah Belanda di masa lampau. Dan karena Indonesia merupakan bagian dari sejarah mereka yang tidak bisa dipisahkan, maka anda dapat melihat banyak sekali foto-foto yang berkaitan dengan negeri kita di zaman dulu.

Ada dua cara untuk menjelajahi situs ini, yaitu :

– Yang pertama, anda dapat mencari koleksi foto melalui kategori-kategori koleksi yang ada. Misalnya koleksi tentang ‘Indonesia independent – Photographs 1947-1953’.

– Yang kedua, anda dapat mencari koleksi foto melalui fasilitas searching. Dengan fasilitas ini, anda akan dengan mudah menemukan koleksi foto-foto sesuai dengan keyword yang diberikan. Misalnya, kita masukkan keyword-nya ‘Bandoeng’ (tanpa tanda kutip) kemudian klik tombol Search, maka anda akan mendapatkan koleksi foto-foto yang berkaitan dengan kota Bandung di masa lalu. Dan jangan lupa gunakan ejaan lama, seperti ‘Cianjur’ menjadi ‘Tjiandjoer’.

Kecuali jika anda memang ingin melihat koleksi foto sesuai dengan kategori koleksi tertentu, menurut saya, cara yang terakhir ini sangat efektif untuk melihat koleksi foto yang ingin kita lihat, dibanding cara yang pertama di atas.

Jadi…tunggu apalagi ? Segera kunjungi situs ini dan nikmati indahnya berpetualang ke masa lalu.

Catatan :

Bagi anda yang ingin lebih dari sekedar melihat-lihat koleksi foto yang ada (misalnya untuk tujuan penelitian, studi, komersial, atau yang lainnya), sebaiknya anda membaca dan memahami terlebih dahulu Copyright dari situs ini, karena ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui.

Referensi :

The Memory of  the Netherlands 2009, Background information on the program, dilihat tanggal 25 Desember 2009, <http://www.geheugenvannederland.nl/?/en/paginas/over_het_geheugen>.

Written by akbar

December 25, 2009 at 4:10 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: