myakbar :: sebuah catatan kecil

Refleksi Pergantian Tahun

leave a comment »

Di lingkungan kantor kami, setidaknya sekali dalam sebulan tepatnya di hari senin minggu pertama, selalu diadakan siraman rohani. Senin ini siraman rohani ini diisi oleh Bapak KH. Athian Ali, yang kebetulan momennya bertepatan dengan pergantian tahun, sehingga tema-nya pun berkaitan dengan refleksi pergantian tahun tersebut.

Rasa kantuk yang biasa menyergap, tiba-tiba saja hilang, karena beliau menyampaikan materi dengan cara yang menarik, langsung ke fokus materi tanpa basa-basi, dan singkat tapi padat. Di sini saya tidak bermaksud untuk menyajikan resensi siraman rohani tersebut, tapi hanya ingin menyampaikan kata-kata pembukaan dari beliau yang (bagi saya) langsung menghunjam ke relung hati.

Adapun kata-kata pembukaan tersebut kurang lebih seperti berikut :

” Ibarat seorang musafir, sesekali perlulah kita berhenti sejenak di tengah perjalanan ini, sekedar untuk menanyakan sampai sejauh mana kita berjalan dan berapa jauh lagi perjalanan yang harus ditempuh.

Pertanyaan pertama sangat mudah untuk dijawab, kita tinggal menyebutkan angka sekian tahun saja bukan ?. Sedangkan pertanyaan kedua adalah pertanyaan yang tidak perlu kita jawab, karena kita tidak pernah tahu kapan perjalanan hidup ini berakhir, beberapa tahun lagi kah ? atau mungkin hanya beberapa saat lagi ?

Namun diluar itu semua, ada satu pertanyaan penting yang harus kita jawab, yaitu : Sudah benarkah jalan yang selama ini kita tempuh ? ”

Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua di awal tahun yang baru ini.

Written by akbar

January 4, 2010 at 9:41 pm

Posted in Religi

Tagged with , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: