myakbar :: sebuah catatan kecil

Strategi Migrasi Open Source di Lingkungan Pemerintah Daerah

with 12 comments

Setidaknya ada dua alasan mengapa kita memerlukan strategi untuk melakukan proses migrasi open source di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda). Yang pertama adalah karena jumlah komputer yang akan dimigrasi bukanlah satu atau dua buah PC saja, tapi bisa jadi ratusan atau bahkan mungkin di atas angka 1000. Sebagai contoh, jika suatu Pemda memiliki 30 Instansi dan 30 Kecamatan, dimana masing-masing Instansi memiliki 20 PC dan masing-masing Kecamatan memiliki 5 PC, maka jumlah seluruh PC di Pemda tersebut adalah 750 PC !

Yang kedua adalah proses migrasi ini bukanlah suatu proses yang hanya dilakukan untuk mengganti platform Operating System (OS) dan aplikasi lainnya ke platform Open Source belaka. Namun lebih jauh daripada itu, proses migrasi ini merupakan proses perubahan paradigma dan kebiasaan.

Perubahan paradigma terjadi pada saat kita harus menyadari bahwa software adalah salah satu bentuk kekayaan intelektual yang dilindungi oleh Undang-Undang. Sehingga pengunaan atau pemanfaatannya haruslah tunduk pada peraturan perundang-undangan di maksud. Dengan kata lain, kita tidak boleh seenaknya menggunakan suatu software tanpa memiliki izin dari pemegang hak cipta dari software tersebut, atau apa yang sering disebut dengan istilah lisensi. Tanpa adanya perubahan paradigma tersebut, maka akan sulit untuk dapat mencapai kondisi yang di harapkan, karena tidak adanya dukungan yang kuat dari semua pihak.

Sedangkan perubahan kebiasaan terjadi karena adanya perubahan software yang biasa digunakan oleh pengguna. Dimana perubahan ini menuntut adanya upaya untuk mempelajari software baru tersebut. Tanpa adanya kesadaran akan pentingnya proses migrasi ini dilakukan, maka perubahan kebiasaan ini hanya akan menjadi alasan untuk menolak proses migrasi ini.

Nah, dua hal di atas mengakibatkan proses migrasi dalam suatu organisasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, sehingga kita memerlukan suatu strategi agar proses migrasi ini dapat berjalan dengan lancar. Hal itulah yang mendorong penulis untuk menyajikan alternatif strategi migrasi dimaksud pada artikel ini, yang secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Pra Migrasi, Pelaksanaan Migrasi, dan Pasca Migrasi.

Apa saja yang harus dipertimbangkan pada tahap-tahap migrasi di atas, dapat anda baca pada kelanjutan artikel ini yang dapat anda lihat/download di link ini.

Terima kasih

Written by akbar

January 28, 2010 at 9:56 am

Posted in Concepts, Open Source

Tagged with , ,

12 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. slmt siang pak, artikelnya bagus sekali… saya kpingin membaca lanjutannya skalian belajar lebih jauh, sudah saya coba download dari link-nya tp tidak bisa2, ada apa ya pak ??? kl boleh saya minta dikirim file-nya (.pdf atau .doc) ke email saya pak, terima kasih.

    prayudie

    June 15, 2010 at 3:00 pm

    • Alhamdulillah…terima kasih atas kunjungannya.
      Artikel yang Bapak minta telah saya kirim via email.
      Semoga bermanfaat🙂

      akbar

      June 16, 2010 at 9:07 am

      • kebetulan di kabupaten madiun juga akan melaksanakan migrasi, mohon saya juga dikirim artikel ini melalui email
        terima kasih

        siswanto

        April 11, 2011 at 11:39 am

      • File yang Bapak minta telah saya kirim.
        Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

        akbar

        April 13, 2011 at 10:56 am

  2. Selamat siang pak, artikelnya sangat bermanfaat buat saya tp kasusnya sm dengan pak praydie ga bisa saya download, mohon dikirimkan filenya ke email saya, terima kasih banyak.

    hardiman

    November 3, 2010 at 11:35 am

    • Terima kasih atas kunjungannya pak Hardiman.
      File yang bapak minta telah saya kirim, semoga bermanfaat.

      akbar

      November 4, 2010 at 6:29 pm

  3. Artikelnya menarik dan bermanfaat sekali.

    -open your mind with open source software-

    ebyx84

    November 23, 2010 at 4:52 pm

  4. Blog akang sarat dengan data migrasi yang saya sedang kumpulkan. Di sisi strategi maupun alasan mengapa migrasi harus, akang punya semua. Saya taruh datanya di http://bermigrasi.wordpress.com. Jika akang berkenan, mohon lanjutkan posting-posting terkait migrasi macam ini, Kang. Saya bantu akang menyampaikan data-data (sebisa saya). Terima kasih.

    Ade Malsasa Akbar

    November 11, 2015 at 10:25 pm

    • Terima kasih atas atensi yg diberikan. Mudah2an artikel yg ada bisa bermanfaat bagi temen2 lainnya.

      akbar

      November 12, 2015 at 2:15 pm

      • Boleh dikirimkan keemail saya pak….

        alief

        August 9, 2016 at 7:51 am

      • Baik pak, segera sy kirimkan file dimaksud. Semoga bermanfaat.

        akbar

        August 9, 2016 at 4:52 pm


Leave a Reply

