myakbar :: sebuah catatan kecil

Sekilas tentang Lisensi Software

leave a comment »

Bagi anda yang kesehariannya sering berkutat dengan komputer, tentu istilah lisensi software bukanlah sesuatu yang baru. Namun walaupun demikian terkadang jika ada yang bertanya lisensi itu apa, kita kesulitan untuk menjawabnya. Nah, artikel ini akan membantu anda untuk memahami apa yang dimaksud dengan lisensi software.

Definisi

Software atau program komputer merupakan salah satu bentuk karya intelektual seseorang, sehingga tidaklah mengherankan jika software tersebut termasuk ciptaan yang dilindungi oleh Undang-Undang. Hal ini berarti si pencipta software tadi memiliki hak eksklusif untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau yang sering disebut dengan hak cipta.

Dengan demikian, pada saat kita akan menggunakan atau memperbanyak suatu software, maka kita terlebih dahulu harus mendapatkan izin dari si pemegang hak cipta software dimaksud. Izin tersebut itulah yang disebut dengan lisensi.

Lebih tegasnya lagi berdasarkan pasal 1 UU No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, Lisensi adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak Terkaitnya dengan persyaratan tertentu. Dari definisi tersebut dapat kita lihat bahwa ada dua kata kunci, yaitu izin dan persyaratan tertentu. Hal ini berarti izin itu dapat diberikan oleh pemegang hak cipta kepada pihak lain dengan persyaratan tertentu.

Penggunaan software secara ilegal terjadi apabila seseorang memanfaatkan suatu software (seperti menginstall, menggunakan, mengunduh, mengubah, menjual, atau memperbanyak) tanpa memiliki izin (lisensi) dari pemegang hak cipta software dimaksud. Penggunaan software secara ilegal ini bisa terjadi pula apabila ada ketentuan-ketentuan dalam persyaratan lisensi yang dilanggar. Misalnya jika ada ketentuan bahwa software tidak boleh di-install di lebih dari satu komputer, kemudian ketentuan ini dilanggar, maka hal ini dapat dikategorikan ke dalam penggunaan software secara ilegal.

Macam-macam Lisensi

Ada beberapa jenis lisensi software yang ada, namun secara garis besar ada dua macam lisensi, yaitu :

– Proprietary
– Free Software/Open Source

Software yang menganut lisensi proprietary tidak mengizinkan penggunanya untuk mengubah, mengkopi dan menyebarluaskan software tersebut. Pada umumnya  pemegang hak cipta software tersebut mengharuskan para penggunanya untuk membeli lisensi dari software tersebut agar pengguna dapat secara legal menggunakan software dimaksud.

Sedangkan software yang menganut lisensi Free Software/Open Source ini, para pengguna diberi kebebasan untuk mengubah, mengkopi dan menyebarluaskan software tersebut, sehingga pada umumnya pengguna dapat menggunakan software tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya pembelian lisensi.

Written by akbar

February 12, 2010 at 10:36 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: