myakbar :: sebuah catatan kecil

Tujuh Alasan Memilih Distro Ubuntu

leave a comment »

Setidaknya ada tujuh alasan untuk memilih Ubuntu, distro yang paling populer di dunia selama 5 tahun berturut-turut dari tahun 2005 sampai dengan 2009 menurut versi situs Distrowatch.com (Distrowatch.com 2010). Adapun alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut (Ubuntu.com 2010a) :

1. Free Software
Jika anda menggunakan ubuntu, maka anda tidak perlu lagi memikirkan masalah biaya lisensi atau masalah pembatasan penggunaannya lagi, karena Ubuntu adalah free. Anda dapat menginstall Ubuntu di beberapa komputer yang anda inginkan, tanpa khawatir akan melanggar hak cipta. Dengan Ubuntu, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lisensi yang sangat mahal untuk sebuah OS yang secara fungsionalitas hampir sama (bahkan untuk beberapa hal, Ubuntu jauh lebih baik). Jadi jangan heran jika lebih dari 8 juta orang telah menggunakan Ubuntu dewasa ini.

2. Ease of Use
Ubuntu merupakan Operating System (OS) yang berfokus pada simplicity dan ease of use, sesuai dengan motto-nya, yaitu “Linux for Human Beings”. Oleh karenanya, motto ini menjadi roh dalam setiap upaya pengembangannya. Hal tersebut membuat para penggunanya dapat dengan mudah mempelajari OS yang satu ini.

3. Bundled Applications
Ubuntu hadir dengan paket-paket aplikasi yang cukup lengkap untuk berbagai keperluan. Beberapa paket aplikasi tersebut diantaranya adalah :
– Office Application : OpenOffice.org.
– Internet : FireFox Web Browser, Evolution Mail, Emphaty IM Client, dll.
– Graphics : GIMP Image Editor, F-spot Photo Manager, XSane Image Scanner, dll.
– Sound and Video : Movie Player, Rhythmbox Music Player, dll.
– Games.

4. Software Repositories
Free Software lainnya tersedia di repositori pusat Ubuntu. Dengan add/remove tool yang user-friendly, anda dapat menjelajah aplikasi-aplikasi tersebut berdasarkan kategori yang ada atau langsung mencarinya berdasarkan nama program atau keterangannya. Aplikasi-aplikasi tersebut telah dicoba dan di-test di atas platform Ubuntu, pemeliharaan dan security patches-nya pun secara otomatis dikirimkan ke desktop user, sehingga anda dapat dengan mudah melakukan update terhadap aplikasi-aplikasi tersebut.

5. Across the Globe
Ubuntu hadir dengan berbagai translasi bahasa yang memudahkan para penggunanya di seluruh dunia dalam penggunaannya. Para pengguna dan Komunitas Ubuntu tersebar di seluruh dunia, sehingga anda dapat dengan mudah untuk menemukan support baik itu yang komersil maupun yang tidak.

6. Compatible

Dengan adanya aplikasi OpenOffice.org, maka anda dapat dengan mudah berbagi dokumen anda dengan user yang lain, walaupun mereka menggunakan aplikasi perkantoran yang berbeda. Hal ini dikarenakan aplikasi OpenOffice.org tersebut dapat membuka dan menyimpan dokumen anda dalam format file yang sama dengan aplikasi perkantoran lainnya.

7. Predictable Release Cycle
Ubuntu merelease versi terbarunya, baik untuk desktop maupun untuk server, setiap enam bulan sekali. Dan anda dapat melakukan upgrade ke versi terbaru Ubuntu secara gratis (free of charge). Ini artinya, anda akan selalu memiliki kesempatan untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi terkini dan terbaik dari dunia open source.

Disamping itu, aspek keamanan merupakan aspek yang selalu dijaga dalam setiap upaya pengembangan Ubuntu. Itu karenanya, anda mendapatkan free security update selama 18 bulan. Bahkan untuk versi Long Term Support (LTS) anda mendapatkan tiga tahun support untuk desktop dan lima tahun untuk server.

Selain alasan-alasan di atas, masih ada keistimewaan Ubuntu yang layak untuk anda pertimbangkan, yaitu kemudahan dalam mendapatkannya. Ada tiga pilihan untuk mendapatkan Ubuntu, yaitu :
– Download
Bagi anda yang memiliki koneksi internet yang dapat diandalkan, maka pilihan ini adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan Ubuntu installer secara cepat dan murah. Anda dapat mendownload Ubuntu di link ini.
– Order Ubuntu CDs or DVDs
Adapun bagi anda yang tidak memiliki koneksi internet yang cepat, pilihan yang kedua ini cocok bagi anda. Anda bisa mendapatkan Ubuntu installer sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat meng-order CD atau DVD Ubuntu di link ini.
– Request a CD
Sedangkan bagi anda yang memiliki keterbatasan dana dan koneksi internet, maka anda dapat me-request untuk mendapatkan CD Ubuntu installer secara gratis, diluar ongkos kirim (di kota penulis Bandung, ongkos kirim sekitar Rp. 7000 saja). Hanya saja waktu pengirimannya relatif lebih lama, sekitar 5 – 8 minggu. Untuk me-request CD Ubuntu, silahkan klik di link ini.

Demikian kiranya beberapa alasan yang dapat anda pertimbangkan untuk memilih Ubuntu. Semoga bermanfaat.

Bandung, 11 Maret 2010

Referensi :

1. Distrowatch.com 2010, ‘Page Hit Ranking’, dilihat tanggal 16 Februari 2010, <http://distrowatch.com&gt; ;
2. Ubuntu.com 2010a, ‘Ideal for the Classroom’, dilihat tanggal 7 Maret 2010, <http://www.ubuntu.com/education&gt; ;
3. Ubuntu.com 2010b, ‘Simple Low-Cost Management’, dilihat tanggal 7 Maret 2010, <http://www.ubuntu.com/education/management&gt; ;
4. Ubuntu.com 2010c, ‘How to get Ubuntu’, dilihat tanggal 11 Maret 2010, <http://www.ubuntu.com/getubuntu&gt; ;
5. Ubuntu.com 2010d, ‘What is Ubuntu?’, dilihat tanggal 11 Maret 2010, <http://www.ubuntu.com/products/whatisubuntu&gt;.

Written by akbar

March 11, 2010 at 10:15 pm

Posted in Concepts, Open Source

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: