myakbar :: sebuah catatan kecil

Selamatkan SMS Penting Anda dengan Aplikasi SMS Backup & Restore

leave a comment »

Pernahkah anda mengalami kehilangan SMS penting pada HP anda, baik disengaja ataupun tidak? Jika ya, sebaiknya anda pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, yaitu SMS Backup & Restore.

Aplikasi SMS Backup & Restore ini merupakan aplikasi sederhana untuk HP berbasis android yang digunakan untuk membackup dan me-restore SMS pada HP anda.  Untuk mengunduhnya, anda dapat langsung menuju Google Play/Android Market.


Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemudahan dalam penggunaannya. Dimana anda hanya perlu menekan tombol menu yang ada pada aplikasi ini, yang hanya terdapat 6 (enam) buah tombol menu, yaitu:
– Backup
– Restore
– View
– Delete Backups
– Delete Messages
– Donate

Menu Backup digunakan untuk mem-backup seluruh SMS yang ada pada HP anda. Adapun format file yang digunakan adalah XML. Untuk membedakan hasil backup yang ada, maka aplikasi ini menggunakan format penamaan file berdasarkan waktu backup. Misalnya, kita melakukan backup SMS pada tanggal 3 Mei 2012 Pukul 11:08:05 maka nama file backupnya adalah : sms-20120503110805.xml. Hal ini akan memudahkan kita apabila suatu saat perlu me-restore SMS yang telah di-backup tadi.

Menu Restore digunakan untuk me-restore/mengembalikan SMS yang sebelumnya telah di-backup oleh kita. Sementara menu View gunakan hanya untuk melihat SMS yang telah di-backup. Adapun perbedaan antara menu Restore dengan View adalah bahwa pada menu Restore semua SMS yang telah di-backup dikembalikan ke HP anda, sementara pada menu View, SMS tidak dikembalikan ke HP seperti semula, tapi hanya bisa dilihat saja. Jadi jika anda ingin mengembalikan SMS yang sudah terhapus, anda bisa menggunakan menu Restore. Tapi jika anda hanya ingin melihat isi SMS yang sudah terhapus, anda cukup menggunakan menu View.

Kemudian menu Delete Backups digunakan untuk menghapus file backup yang telah dibuat. Sementara menu Delete Messages digunakan untuk menghapus seluruh SMS pada HP anda (Hati-hati!).

Jika anda merasa bahwa aplikasi ini bermanfaat dan ingin memberikan donasi kepada pembuat aplikasi, anda dapat memilih menu Donate. Selain itu, anda dapat pula melakukan setting terhadap aplikasi ini, misalnya jika anda ingin melakukan penjadwalan backup, atau ingin merubah format penamaan file backup, dll, anda dapat lakukan hal tersebut di menu Preferences.

Semoga Bermanfaat🙂

Referensi :

1.  Android Stuff, ‘SMS Backup &Restore’, dilihat tanggal 5 Mei 2012, <http://android.riteshsahu.com/apps/sms-backup-restore> ;

2. Google Play, ‘SMS Backup &Restore’, dilihat tanggal 5 Mei 2012, <https://play.google.com/store/apps/details?id=com.riteshsahu.SMSBackupRestore&feature=search_result#?t=W251bGwsMSwxLDEsImNvbS5yaXRlc2hzYWh1LlNNU0JhY2t1cFJlc3RvcmUiXQ..> ;

Written by akbar

May 5, 2012 at 4:54 pm

Posted in Android, Gadget

Tagged with , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: