Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Ponsel dengan Aplikasi CamScanner

camscannerTahukah anda, jika sebenarnya telepon genggam anda dapat difungsikan sebagai scanner? Ya, dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, anda seolah-olah memiliki perangkat scanner dalam genggaman anda. Aplikasi dimaksud adalah CamScanner.

CamScanner adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu anda untuk melakukan proses scan dokumen dan pengelolaan hasil scan tersebut dengan mudah melalui telepon genggam anda.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi CamScanner ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

– Mobile Scanner

Fitur ini memungkinkan anda untuk memanfaatkan kamera ponsel anda untuk keperluan scanning suatu dokumen.

– Optimize Scan Quality

Fitur ini menawarkan dua fungsi, yaitu smart cropping dan auto enhancing yang menjadikan text dan gambar terlihat jelas dan tajam.

– Quick Search
Fitur ini memudahkan anda mencari dokumen hasil scan hanya dengan memasukkan kata kunci dari judul dokumen yang telah kita scan.

– Share PDF/JPEG Files

Melalui fitur ini, anda dapat berbagi atau mengirimkan dokumen hasil scan dengan mudah, baik dalam bentuk PDF atau JPEG, kepada pihak lain melalui sosial media, email attachment, atau media lainnya.

– Advanced Editing
Jika anda ingin memberikan catatan-catatan kecil atau watermark terhadap dokumen anda, maka fitur ini dapat anda gunakan untuk mengedit dokumen anda sesuai dengan yang diinginkan.

– Secure Important Document
Fitur ini dapat anda gunakan untuk mengamankan dokumen anda, yaitu dengan cara memberikan password untuk membuka dokumen tersebut.

Banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Apalagi jika anda memilih akun yang berbayar, maka selain tanpa iklan, anda akan mendapatkan fitur-fitur spesial seperti mengekstrak text dari image dengan OCR (Optical Character Recognition), auto upload dokumen ke Box, Google Drive, Drop Box, Ever note, dan OneDrive, serta fitur-fitur menarik lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo install aplikasinya di Google Play Store sekarang juga!

Referensi :

1. CamScanner 2017, ‘CamScanner | Turn your phone and tablet into scanner for intelligent document management’, dilihat tanggal 18 Februari 2017,  <https://www.camscanner.com/>;

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: