myakbar :: sebuah catatan kecil

OpenOffice.org : Sebuah Pengenalan

with one comment

Sulit dipercaya, di zaman seperti ini ada sebuah aplikasi (perkantoran) yang gratis tapi legal dan berkualitas kelas dunia. Benarkah ?

Ya, itulah keajaiban dunia Open Source. Dunia dimana anda bisa mendapatkan aplikasi berkualitas tinggi secara legal dan free of charge alias gratis. Dan salah satunya adalah OpenOffice.org.

OpenOffice.org adalah aplikasi perkantoran yang sangat cocok digunakan untuk keperluan pengolahan kata, spreadsheets, presentasi, database, dan yang lainnya. Dimana OpenOffice.org ini merupakan aplikasi yang berbasis open source sehingga dapat anda download dan gunakan untuk segala keperluan secara gratis.

Ada 3 (tiga) alasan kenapa OpenOffice.org ini layak untuk anda pertimbangkan (OpenOffice.org 2009a), diantaranya adalah :
– Great Software ;
– Easy to Use ;
– And It’s Free.

1. Great Software

Dari sisi design software, OpenOffice.org ini dibangun selama lebih dari 20 tahun, sehingga dihasilkan sebuah aplikasi yang matang dan handal. Hal ini pula yang menyebabkan OpenOffice.org memiliki tingkat konsistensi dan kemudahan yang tinggi, dimana jika anda telah mempelajari satu aplikasi maka keterampilan yang anda peroleh dapat digunakan juga di aplikasi yang lainnya. Selain itu, OpenOffice.org juga dapat membuka beberapa tipe/format dokumen dari berbagai aplikasi berbeda. OpenOffice.org dapat pula berjalan di berbagai macam platform, seperti Microsoft Windows, GNU/Linux, Sun Solaris, Apple Mac.

OpenOffice.org merupakan suatu paket aplikasi perkantoran, yang terdiri dari Writer (Pengolah Kata), Calc (Spreadsheets), Presentasi (Impress), Database (Base), Drawing (Draw), dan Formula Matematika (Math). Dan anda hanya perlu menginstall satu kali untuk mendapatkan semua aplikasi-aplikasi di atas.

OpenOffice.org juga merupakan open source software. Dimana setiap orang dapat mempelajari program tersebut dan memberikan masukan-masukan untuk perbaikan atau memperbaiki kesalahan yang ada. Benefit dari open source inilah yang membuat OpenOffice.org menjadi suatu great software.

2. Easy to Use

OpenOffice.org merupakan aplikasi perkantoran yang mudah digunakan, mulai dari kemudahan penginstalasiannya sampai kemudahan untuk mempelajarinya. Jika anda seorang pemula, jangan khawatir karena melalui tampilan dan menu-menu yang ada, anda akan mudah untuk mempelajarinya. Apalagi bagi anda yang telah terbiasa dengan aplikasi perkantoran yang lain, maka proses adaptasinya pun akan lebih cepat lagi.

Bagi anda yang telah memiliki dokumen ang dibuat oleh aplikasi perkantoran yang lain, anda pun tidak perlu khawatir karena OpenOffice.org mampu membaca file-file tersebut dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Sehingga proses migrasi ke OpenOffice.org ini akan lebih mudah karena anda tidak perlu membuat/menulis kembali dokumen-dokumen lama anda.

3. And It’s Free

OpenOffice.org adalah free software, yang berarti anda bebas untuk mendownloadnya, bebas untuk menginstallnya di beberapa PC yang anda perlukan, bebas pula untukmemberikan copy-nya kepada siapa pun yang anda inginkan. Dan anda dapat menggunakan OpenOffice.org untuk tujuan apapun, baik yang bersifat komersial maupun bukan.

Dengan lisensi free software yang dianut oleh OpenOffice.org ini, anda tidak perlu khawatir lagi apakah software yang digunakan ini legal atau tidak, anda tidak perlu khawatir lagi apakah akan expire suatu saat nanti atau tidak.  Artinya dengan menggunakan software yang berlisensi free software seperi OpenOffice.org ini, anda bukan saja dapat menghemat biaya, namun juga anda dapat sedikit meringankan beban pikiran dari masalah-masalah legalitas suatu software.

Penutup

Menurut hemat penulis, tidak ada salahnya jika anda mencoba aplikasi perkantoran yang satu ini. Toh anda tidak perlu mengganti sistem operasi anda, karena seperti yang telah disebutkan di atas, OpenOffice.org ini bisa berjalan di atas platform yang berbeda, jadi yang anda perlu lakukan hanyalah mendownload, menginstall, dan menjalankannya.

Selamat Mencoba !

Daftar Referensi :

  1. OpenOffice.org 2009a, Why OpenOffice.org, dilihat tanggal 24 Desember 2009, <http://why.openoffice.org/why_free.html>.
  2. OpenOffice.org 2009b, Why OpenOffice.org, Great Software, dilihat tanggal 24 Desember 2009, <http://why.openoffice.org/why_great.html&gt;.
  3. OpenOffice.org 2009c, Why OpenOffice.org, Easy to use, dilihat tanggal 24 Desember 2009, <http://why.openoffice.org/why_easy.html&gt;.
  4. OpenOffice.org 2009d, Why OpenOffice.org, and it’s free, dilihat tanggal 24 Desember 2009, <http://why.openoffice.org/why_free.html>.

Written by akbar

December 24, 2009 at 4:10 pm

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya percaya, tulisan yang bagus seperti ini perlu tempat yang tepat. Supaya sampai secara telak/bullseye kepada yang memang memerlukannya. Setidaknya hal ini berlangsung pada saya sekarang.

    Ade Malsasa Akbar

    November 11, 2015 at 10:36 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: